Jumat, 01 April 2011

Surat Penyerahan Sertifikat Tanah Sebagai Jaminan Hutang

Contoh Surat Penyerahan Sertifikat Tanah Sebagai Jaminan Hutang
Dalam berhutang, seringkali kita membutuhkan jaminan untuk diberikan kepada sang pemberi hutang. Sertifikat tanah merupakan salah satu dokumen yang bisa dijadikan sebagai jaminan dalam berhutang. Namun, agar sertifikat tersebut tidak begitu saja jatuh ke tangan orang lain, kita harus melindunginya dengan surat perjanjian yang baik atas penyerahan sertifikat tersebut. Agar suatu waktu, jika kita bisa membayar hutangnya, maka kita bisa mengklaim kembali sertifikat kita itu. Ini dia contohnya.

Dowload versi .doc (Microsoft Word)



SURAT PENYERAHAN SERTIFIKAT TANAH SEBAGAI JAMINAN UTANG

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Tuan _____ lahir _____ , Warga Negara Indonesia, pekerjaan _____ , bertempat tinggal di _____ , Desa _____ , Kecamatan _____ . Pemegang Kartu Tanda Penduduk Nomor: _____

Dengan ini meyerahkan sertifikat tanah kepada:
Tuan _____ lahir _____ , Warga Negara Indonesia, pekerjaan _____ , bertempat tinggal di _____ , Desa _____ , Kecamatan _____ . Pemegang kartu Tanda Penduduk Nomor: _____ .

Untuk dijadikan jaminan utang dan pelunasannya berupa Tanah Sawah pertanian seperti Termuat dalam Hak Milik Nomor: _____ , Surat ukur tertanggal _____ , Nomor _____  seluas _____ m2 (_____ meter persegi) terletak di Desa _____ , Kecamatan _____ , Kabupaten _____ , Propinsi _____ , yang tanah tersebut merupakan warisan dari Almarhum _____ yang meninggal tahun _____  di _____ .

Demikian Surat Pernyataan ini saya buat dengan ikhlas, sadar tanpa paksaan siapa pun juga.

                                                                                         (kota), (tanggal)
Yang Menerima                                                                  Yang menyerahkan,

____________                                                                   _______________


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar